Langsung ke konten utama

Tak Banyak Orang Tahu, Berikut ini Perbedaan Genset AC dan DC


Generator set atau biasa dikenal genset merupakan sebuah seperangkat mesin yang mampu mensuplai listrik dalam jumlah yang lumayan besar. Genset menjadi alat yang sangat penting keberadaannya karena keefektifannya terlebih ketika listrik tiba-tiba padam. Tak ayal, kini menjamur berbagai jasa rental genset khususnya di daerah perkotaan.
Genset nyatanya ada dua jenis yakni AC dan juga DC. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, tahukah Anda apa perbedaan diantara keduanya? Berikut ulasan selengkapnya melihat dari berbagai segi.
1. Desain mesin
Perbedaan pertama dapat dilihat pada bagian desain mesin. Genset AC mempunyai stator yang tetap serta rotor berupa magnet. Sementara genset DC dilengkapi dengan sebuah kumparan yang mana dapat berputar dengan magnet berfungsi sebagai stator.
2. Segi penggunaan
Karena kapasitas daya yang dimiliki genset AC lebih besar maka cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti menyalakan lemari es dan lain sebagainya dan juga kebutuhan yang sifatnya besar seperti rumah sakit, gedung, dan juga hotel. Sedangkan genset DC karena memiliki kapasitas daya yang cenderung kecil sehingga sangat cocok digunakan pada kereta listrik.
3. Energi yang dihasilkan
Masih terkait dengan kapasitas daya, genset AC dinilai lebih efektif dalam menghasilkan energi besar serta aman digunakan sehingga dapat ditransfer ke seluruh wilayah perkotaan. Sementara genset DC karena arusnya tidak bisa menjangkau tempat yang jauh maka energi yang dihasilkan cenderung lebih kecil.
Baik genset AC maupun DC sama-sama bermanfaat untuk kehidupan manusia hanya saja penggunaannya yang berbeda. Bagi Anda yang membutuhkan listrik untuk acara atau kebutuhan bisnis yang mana membutuhkan suplai listrik dalam jumlah besar maka genset AC adalah pilihannya. Dan karena harga genset sangatlah mahal maka sewa genset menjadi solusi yang tepat.
Salah satu jasa perentalan genset yang berpengalaman hingga lebih dari 27 tahun adalah Sewatama. Perusahaan ini telah dipercaya oleh banyak konsumen karena layanannya yang begitu baik serta harga sewanya yang terbilang terjangkau. belum lagi, didukung oleh tim yang ahli sehingga segala permasalahan dapat ditangani dengan mudah. tertarik untuk ikut menyewa? Segera hubungi Sewatama, solusi kelistrikan Anda.

Komentar