Langsung ke konten utama

Berikut Ini Manfaat Cek Kesehatan

 

Sebagai upaya pencegahan, anda harus melakukan medical check up atau cek kesehatan secara berkala guna mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi suatu penyakit sejak dini. Karena semakin cepat suatu penyakit diketahui, maka akan semakin cepat pula penanganan medis yang diberikan, sehingga peluang untuk sembuh menjadi jauh lebih besar. 

Bahkan, dalam beberapa kasus penyakit kronis seperti jantung atau kanker, dengan terdeteksi sejak dini bisa mencegah penyakit yang semakin parah sekaligus mencegah penyakit yang lebih kompleks. 

Manfaat Cek Kesehatan

Apa manfaat cek kesehatan secara rutin?

Cek kesehatan ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan, orang muda maupun lansia. Karena dengan melakukan hal itu, setidaknya sebagai upaya untuk hidup yang lebih sehat dan lebih lama. 

1. Menghemat Biaya Kesehatan Di Masa Depan

Ada istilah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan melakukan cek kesehatan secara berkala bisa mendeteksi dan mencegah suatu penyakit yang semakin parah. Seperti yang diketahui, semakin parah suatu penyakit maka akan semakin meningkat juga penanganan medisnya yang tentunya membuat budget pengobatan pun semakin meningkat pula. 


2. Mendeteksi Masalah Kesehatan Sedini Mungkin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cek kesehatan secara rutin bisa membantu mengevaluasi keadaan kesehatan anda dan membantu mendiagnosis potensi penyakit/masalah lain yang mungkin bisa muncul di masa yang akan datang. 

Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan berbagai tes dan skrining pencegahan guna membantu mendeteksi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, hipertensi, Diabetes Melitus, Gangguan Penglihatan, Gangguan Pendengaran, Penyakit Darah, Kelainan Lemak Darah, dan lain sebagainya.


3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan melakukan cek kesehatan, dokter bisa mengetahui apa saja risiko penyakit yang ada pada diri anda sehingga bisa memberikan saran terbaik bagi anda. Misalnya makanan atau minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh anda konsumsi. Dengan demikian, tubuh anda akan semakin sehat dan kualitas hidup pun semakin meningkat.


4. Mencegah Penyakit Agar Tidak Semakin Parah

Dengan terdeteksinya suatu penyakit sejak dini akan membuat peluang anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan lebih cepat sembuh. Karena kalau sudah parah, maka akan semakin sulit untuk menyembuhkannya. 

Hal-Hal Yang Diperiksa Melalui Medical Check-Up Untuk Orang Dewasa

Dalam hal ini, ada beberapa jenis penyakit yang bisa ditemukan saat melakukan cek kesehatan, sehingga jalannya pengobatan menjadi lebih maksimal. Adapun beberapa penyakit tersebut diantaranya adalah jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. 

Pemeriksaan Kesehatan Untuk Jantung

Adapun pemeriksaan kesehatan untuk penyakit jantung meliputi :

  • Tekanan Darah
  • Tes Darah
  • Electrocardiogram (ECG)
  • Tes Obesitas

Pemeriksaan Kesehatan Untuk Diabetes

Pemeriksaan kesehatan untuk diabetes ini sudah termasuk tes kadar gula darah puasa. Hal ini dilakukan untuk mengukur jumlah glukosa dalam darah setelah puasa (tidak makan selama beberapa waktu). Biasanya hal ini dilakukan sebelum anda sarapan. Jadi, anda jangan makan atau minum apapun 1-2 jam sebelum melakukan cek kesehatan. 

Pemeriksaan Kesehatan Untuk Tulang

Seiiring bertambahnya usia maka risiko mengalami kerapuhan pada tulang (osteoporosis) pun akan semakin meningkat. Baik itu pada pria maupun wanita. Sehingga, pemeriksaan kepadatan tulang ini bisa membantu menjaga kesehatan tulang anda. Pada umumnya, osteporosis ini terjadi pada usia 50 tahun ke atas. Sehingga bagi anda yang sudah berusia 50 tahun ke atas sebaiknya melakukan pemeriksaan kepadatan tulang.  

Komentar