Langsung ke konten utama

Memilih Makanan yang Tepat Untuk Anak, Perhatikan Hal Ini!

 


Memilih jenis makanan yang tepat untuk anak merupakan salah satu hal yang penting dilakukan oleh orang tua. Dengan makanan yang tepat tumbuh kembang anak bisa optimal sesuai dengan usianya.


Dalam pemilihan jenis makanan yang tepat ini salah satu hal utama yang perlu untuk diperhatikan adalah soal kandungan nutrisinya. Pastikan makanan yang kita berikan pada anak memilih gizi seimbang. Dengan makanan yang bergizi dan bernutrisi ini anak akan bisa lebih optimal perkembangan fisik, mental maupun kecerdasannya. Sebaliknya anak anak yang kekurangan gizi bisa saja tumbuh kembang mereka terhambat.


Dalam hal kandungan yang ada dalam makanan yang diberikan kepada anak perlu juga diperhatikan soal apa saja yang sebaiknya dibatasi atau dihindari oleh anak anak. Beberapa kandungan makanan seperti gula misalnya perlu dibatasi karena jika kebanyakan bisa berefek kurang bagus pada gigi anak misalnya.


Selain soal kandungan yang ada dalam makanan pemberian makanan yang tepat juga perlu memperhatikan soal porsi. Masalah porsi ini penting untuk diperhatikan karena jika terlalu sedikit bisa saja anak kekurangan gizi, sementara jika terlalu banyak bisa saja menyebabkan obesitas.


Hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan dalam pemberian makanan yang tepat untuk anak adalah soal kondisi dari anak tersebut. Hal ini karena kondisi antara satu anak dengan anak yang lain bisa saja berbeda.


Ada anak anak yang mengidap alergi terhadap bahan makanan tertentu maka perlu dicarikan alternatif pilihan lain. Dalam mencari alternatif makanan lain ini pastikan kandungan gizinya setara atau paling tidak mendekati.


Ada juga anak yang sedang dalam kondisi sakit maka jenis makanan yang bisa diberikan tentu saja tidak sama dengan mereka yang masih sehat.


Sebagai contoh untuk anak yang sedang sakit ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Misalnya saja makanan makanan dengan kandungan minyak yang cukup tinggi. Hal ini karena disebabkan gangguan pada tenggorokan berupa iritasi atau bahkan pada sistem saluran pencernaan karena umunya makanan yang berminyak ini relatif lebih sulit untuk dicerna.


Komentar