Langsung ke konten utama

Agar Otot dan Tulang Berfungsi Optimal Lakukan Hal Ini!

 


Otot dan tulang merupakan bagian tubuh yang fungsinya sangat berpengaruh dalam mobilitas seorang manusia. Bisa dibilang tulang merupakan alat gerak pasif pada seorang manusia sementara otot adalah alat gerak aktif. Tanpa adanya otot dan tulang yang berfungsi dengan normal maka seorang manusia tidak bisa bergerak dengan optimal. Sebagai contoh orang yang mengalami gangguan kesehatan pada sendi sendi tulangnya misalnya akan kesulitan bahkan merasa kesakitan saat digunakan untuk bergerak.

Agar fungsi tulang dan otot ini bisa berjalan dengan baik dan normal maka tentu saja kita perlu menjaga kesehatan tulang dan otot. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan makanan yang bergizi serta berolahraga secara teratur.

Beberapa contoh jenis makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot dan tulang ini antara lain adalah makanan makanan yang mengandung vitamin D seperti susu, telur dan ikan. Vitamin D ini bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh.  Dan kalsium ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang karena bisa membantu memperkuat tulang. Kekurangan kalsium enta karena memang asupannya kurang atau tidak bisa terserap bisa saja mengakibatkan tulang keropos atau osteoporosis. Untuk vitamin D sendiri selain bisa diperoleh dari makanan dan minuman juga bisa diperoleh dari sinar matahari pagi. Bahkan menurut beberapa sumber yang ada, sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D terbaik.

Selain menjaga pola makan hal lain yang tidak boleh dilupakan untuk menjaga fungsi tulang dan otot tetap normal adalah dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga maka otot otot yang ada pada tubuh akan menjadi terlatih dan lebih kuat sehingga bisa berfungsi dengan optimal. 

Akan tetapi tentu saja jenis olahraga yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing masing. Termasuk juga disesuaikan dengan usia orang tersebut. Untuk orang orang yang sudah berusia cukup lanjut tentu saja jenis olahraga yang berat justru akan membawa efek negatif. Karena bukannya otot dan tulang menjadi sehat justru beresiko mengalami cedera jika melakukan olahraga berat apalagi dengan intensitas yang tinggi.


Komentar