Langsung ke konten utama

Beberapa Hal yang Perlu Kita Perhatikan Sebelum Membeli Lensa Kamera

Selain kamera, lensa merupakan salah satu perangkat yang sangat penting yang dibutuhkan oleh seorang fotografer profesional. Hal ini karena keberadaan lensa dalam sebuah pemotretan akan cukup berpengaruh terhadap kualitas foto yang didapatkan. Beberapa hal yang dipengaruhi keberadaan sebuahj lensa saat memotret ini antara lain adalah soal ketajaman, bokeh , ketahanan terhadap flare, warna, distorsi, chromatic abberation (CA), dan vinyet. Karena itu bisa dibilang memiliki kamera yang bagus tanpa lensa yang memadai belum tentu bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang optimal. Karena itu rata rata sebagian fotografer memiliki lensa untuk keperluan fotografinya. Bahkan tak jarang mereka ini menggunakan lebih dari satu buah lensa untuk keperluan fotografinya. 

Jika kita juga termasuk seorang fotografer yang belum memiliki lensa kamera maka tidak ada salahnya jika kita kemudian mencari dan membeli lensa kamera untuk lebih meningkatkan kualitas hasil foto kita. Namun tentunya kita tidak bisa secara sembarangan saja dalam memilih dan membeli lensa kamera ini. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum membeli lensa agar di kemudian hari lensa tersebut bisa kitagunakan secara optimal dan tidak mengecewakan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tipe Lensa yang sesuai
Penting bagi kita untuk memilih tipe lensa yang sesuai dengan jenis kamera yang kita pakai. Misalnya saja untuk kita yang menggunakan kamera merk sony maka ada baiknya kita paham tentang tipe dan juga kode huruf dari lensa sony yang ada di pasaran saat ini. Untuk sony sendiri ada beberapa jenis lensa dengan code hurufnya masing masing misalnya saja:
  • E : Lensa sony dengan kode huruf ini cocok digunakan untuk kamera dengans esnsor APSC ( Advanced Photo System type-C ) bisanya lensa jenis ini memiliki diameter yang cukup kecil
  • FE : Adalah kode lensa sony untuk kamera dengan sensor full frame biasanya diameternya lebih besar dibanding lensa E

Selain kode kode di atas ada juga kode huruf lain semacam DT, ZZA, SSM dan lain sebagainya yang bisa anda pelajari sendiri melalui internet.

2. Spesifikasi Lensa
Hal penting lain yang juga perlu kita perhatikan saat akan membeli sebuah lensa tentunya adalah soal speknya. Dengan mengetahui spek dari lensa maka kita bisa memilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Adapun untuk masalah spek lensa ini beberapa yang perlu kita perhatikan diantaranya adalah soal : 
  • Berat ringannya lensa
  • kualitas optik dari lensa
  • kemampuan autofokus lensa tersebut
  • kemampuan image stabilizer lensa
  • Build quality dari lensa termasuk juga durability dari lensa itu sendiri
  • Focal Length
  • Crop Factor
  • Dan lain sebagainya

3. Kebutuhan Penggunaan Lensa
Sebaiknya kita juga membeli jenis lensa yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan kita ke depannya. Misalnya saja untuk kia yang sering melakukan pemotretan objek jarak jauh maka bisa memilih lensa telephoto zoom, untuk yang sering memotret objek bergerak di alam bisa memilih lensa super zoom, dan bagi yang seringnya melakukan pemotretan kegiatan sehari hari maka lensa jenis zoom standar.

4. Budget yang Kita Punya Saat Ini
Pastikan kita memilih untuk membeli kamera yang sesuai dengan budget yang kita miliki, jangan sampai over budget. Namun jika kebutuhan lensa kita ternyata harganya di atas budgat yang ada maka ada beberapa solusi yang bisa kita tempuh misalnya dengan membeli lensa kamera bekas yang biasanya harganya lebih murah atau jika memang kita  sangat butuh lensa ini untuk keperluan produktif yang terukur maka tidak masalah jika kita meminjam uang terlebih dahulu untuk membelinya.

5. Tempat Membeli Lensa
Sebaiknya belilah di penjual yang benar benar terpercaya atau kalau anda membelinya secara online bisa melakukannya lewat e commerce terpercaya seperti blibli dan memilih sony official. Pastikan juga lensa yang anda beli ini mendapat garansi resmi dari sony.


Komentar