Langsung ke konten utama

Berbagai Resep Ayam Kuah yang Sangat Lezat dan Bernutrisi

 Ayam merupakan bahan pangan yang paling umum diolah dan dijadikan berbagai masakan, khususnya yang berkuah. Olahan dengan berbagai jenis kuah sangat tepat dijadikan santap siang. Pilih menu kuah terlezat dengan produk segar dari TaniHub. Bumbu-bumbu dapur juga bisa ikut masuk keranjang belanja.

  1. Tongseng

Tongseng merupakan salah satu hidangan yang kerap kali menggunakan cabai rawit. Rasanya menyegarkan, sekaligus nikmat. Bahan yang dibutuhkan adalah 500 gram ayam, 8 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 1 sendok teh ketumbar, sedikit jahe, daun salam, lengkuas, tomat, kol, daun bawang, kecap manis, dan santan.

Potong-potong terlebih dahulu bawang dan cabai. Setelah itu, buatlah bumbu dengan memblender beberapa bahan. Tumis dan masukkan daun salam. Tambahkan daging, air, dan jeruk nipis. Setelah mendidih, tambahkan kecap dan santan secukupnya. Potongan cabai dan sayuran bisa ditambahkan sebagai pelengkap. Berikan bumbu penyedap sebelum akhirnya diangkat, kemudian disajikan.

  1. Ayam Woku

Hidangan ini sangat cocok untuk para pencinta pedas. Dagingnya lembut, dilengkapi kuah kental merah yang terlihat pedas. Seperti biasa, siapkan terlebih dahulu bumbunya yang terdiri dari 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, tiga butir kemiri, jahe, kunyit, tomat, dan cabai.

Tidak lupa, sediakan juga daun pandan dan daun kemangi. Bumbu-bumbunya tidak jauh berbeda dengan tongseng. Cara memasaknya pun cukup mudah. Bumbunya ditumis terlebih dahulu, lalu baru diaduk bersama air.

Ayam dimasak sampai empuk, diberikan daun jeruk dan kunyit untuk menyingkirka rasa amis. Tambahkan banyak cabai jika menginginkan kuah yang benar-benar pedas.

  1. Ayam Kuah Bumbu Bali

Hidangan yang satu ini lebih otentik. Kuahnya dikenal lebih bening dan berwarna kuning. Bahan-bahan tambahannya adalah gula merah dan terasi. Masing-masing dari jahe, kencur, maupun lengkuas yang dibutuhkan hanya berukuran 3 cm.

Pakai juga sereh dan cabai keriting untuk membuat tampilannya lebih menarik. Bumbu-bumbu yang sudah disiapkan dapat diulek. Setelah itu, tumis daun salam dan sereh, kemudian bumbu halusnya. Masukkan air, santan, dan daging, aduk-aduk hingga matang. Tambahkan potongan cabai keriting.

  1. Garang Asam Tanpa Santan

Hidangan ini sangat menyegarkan dan tepat untuk dikonsumsi saat sakit. Kuahnya bening, rasa asamnya berasal dari tomat. Garang asam menggunakan tomat merah dan hijau. Untuk menambahkan rasa pedas, cabai hijau yang dipotong-potong kecil juga bisa diikutkan.

Dagingnya bisa dibumbui terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu. Setelah itu, cuci bersih semua bahan. Haluskan bumbu, kemudian tumis dengan sedikit minyak sayur. Jangan melupakan daun jeruk dan daun salam untuk menambah cita rasa dan aroma khas makanan. Tambahkan daun bawang yang telah dipotong kecil-kecil. Bumbu kuah ini bisa disajikan selagi panas.

  1. Opor

Hidangan ini adalah yang paling umum dan banyak dikenal sejak dahulu. Kuah opor bisa dikonsumsi bersama lontong atau ketupat. Kuah yang diolah untuk ayam sebenarnya menggunakan bumbu yang tidak jauh berbeda. Opor menggunakan santan dan bisa disajikan bersama tahu atau telur.

Hidangan ayam kuah sangat cocok untuk dikonsumsi bersama seluruh anggota keluarga. Makanan yang sehat membutuhkan bahan berkualitas. Tidak perlu keluar rumah, hanya bayar dan tunggu sampai barang belanjaan tiba. Bersama TaniHub, kegiatan belanja sayur dan buah akan jauh terasa lebih mudah. Metode belanja tidak memakan waktu lama. Dapatkan promo dan diskon dengan mengunduh aplikasinya.


Komentar