Langsung ke konten utama

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Payment Gateway


 Saat kita akan membuat sebuah toko online maka salah satu hal yang harus diperhatikan adalah soal metode pembayaran yang akan dipakai. Apalagi jika toko online yang akan kita buat ini dalam skala besar.


Masalah cara pembayaran seringkali menjadi penentu seorang konsumen memutuskan untuk berbelanja di sebuah toko online. Toko online yang menyediakan beragam pilihan cara pembayaran tentunya lebih disukai oleh konsumen karena mereka bisa menyesuaikan dengan kondisi masing masing.


Akan tetapi bagi beberapa pemilik toko banyaknya metode pembayaran ini seringkali dianggap sebagai sesuatu yang cukup ribet. Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan banyak metode pembayaran membutuhkan banyak rekening bank. Padahal hal tersebut tidaklah seratus persen tepat. Kini dengan memanfaatkan payment gateway kita bisa menerima pembayaran dari berbagai bank, e-wallet ataupun metode pembayaran lainnya langsung masuk ke salah satu rekening yang kita miliki.


Karena itu bagi para pelaku bisnis online cukup direkomendasikan untuk menggunakan payment gateway untuk mempermudah proses transaksi yang akan dilakukan. Dan di Indonesia sendiri saat ini sudah ada cukup banyak pilihan payment gateway yang bisa dipakai. Tentunya dengan adanya beragam pilihan payment gateway ini pelaku bisnis online termasuk juga kita perlu untuk lebih teliti dalam memilihnya. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih payment gateway indonesia ini. Adapun beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


Reputasi

Salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan dalam pemilihan payment gateway adalah soal reputasi dari perusahaan penyedia layanan payment gateway. Pastikan memilih perusahaan payment gateway yang benar benar sudah memiliki legalitas dan terpercaya di bidangnya. Tak ada salahnya kita melihat review perbandingang antara paymenbt gateway yang satu dengan lainnya dan memilih mana yang kira kira cocok dengan kebutuhan kita. Selain soal reputasi kita juga bisa melihat seberapa berpengalaman mereka, misalnya saja kita cenderung akan lebih percaya dengan payment gateway yang sudah beroperasi sejak bertahun tahun yang lalu dibandingkan payment gateway yang baru seumur jagung berdiri.


Sistem Keamanan

Mengingat layanan ini berhubungan dengan hal yang sangat sensitif yakni soal uang maka faktor sistem keamanan tentunya menjadi salah satu pertimbangan utama dalam pemilihan payment gateway. Seperti kita ketahui dalam transaksi digital saat ini masih cukup rentan dengan pencurian dan penyalahgunaan data yang ada maka kita perlu memilih payment gateway yang memiliki sistem enkripsi keamanan data yang bagus.


Channel Pembayaran Yang Tersedia

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk kita perhatikan adalah soal channel pembayaran yang bisa dilayani oleh payment gateway. Tak hanya pembayaran dengan bank, e-wallet atau kartu kredit saja jika memungkinkan pilihlah payment gateway yang juga menyediakan pembayaran lewat minimarket atau yang sejenisnya. Hal ini karena masih cukup banyak penduduk Indonesia yang bankless (tidak memiliki rekening bank)


User Interface

Soal user interface juga perlu untuk diperhatikan. Ada baiknya memilih payment gateway dengan user interface yang mudah untuk dipahami, sehingga pengguna yang masih cukup awam pun bisa melakukan pembayaran dengan cukup mudah.


Proses Integrasi Payment Gateway

Untuk pelaku  bisnis online pengintegrasian payment gateway ke dalam website jualan ini menjadi hal yang sangat krusial untuk diperhatikan. Pastikan memilih payment gateway yang mudah untuk diintegrasikan ke dalam toko online kita. Saat ini beberapa payment gateway Indonesia sudah menyediakan plugin yang bisa dipasang ke dalam website. Salah satu contohnya misalnya midtrans yang sudah memiliki plugin yang bisa diintegrasikan ke woocommerce dengan mudah.


Biaya

Layanan payment gateway umumnya memungut biaya pada transaksi yang dilakukan. Untuk itu kita perlu membandingkan mana payment gateway indonesia berdasarkan tarif dan layanan yang mereka berikan.


Nah itu tadi beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan sebelum memilih layanan payment gateway. Dan diantara beberapa payment gateway indonesia yang ada saat ini maka nama midtrans mungkin bisa jadi salah satu yang dipertimbangkan untuk dipakai. Karena selain sudah berdiri  kurang lebih sepuluh tahunan mereka juga menyediakan berbagai fitur dan channel pembayaran cukup lengkap serta mudah untuk diintegrasikan.


Komentar