Langsung ke konten utama

Harga Domain Termurah di Indonesia

Pemilihan nama domain saat akan membuat sebuah website adalah sebuah hal penting yang harus kita lakukan. Nama domain yang bagus sedikit banyak tentunya berpengaruh terhadap kepopuleran dari web kita tersebut. Karena itulah sebelum membeli domain ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut: 
  • Ekstensi domain yang akan dipakai, biasanya orang akan memilih ekstensi domain .com sebagai pilihan utama untuk webnya. Hal ini tentunya karena .com merupakan ekstensi yang paling populer dan kebanyakan orang sering mengasosiasikan alamat web apapun dengan .com. Namun untuk beberapa kasus selain domain .com kita juga bisa memilih menggunakan ekstensi lain seperti .net, .org, .info ataupun ekstensi domain lokal seperti .id jika web kita menargetkan pasar indonesia.
  • Harga Domain, Faktor harga mau tidak mau menjadi faktor yang perlu kita pertimbangkan dalam membeli domain. Pastikan membeli domain yang harganya masih bisa kita jangkau. Untuk saat ini sendiri sudah cukup banyak provider domain yang menyediakan domain dengan harga domain murah seperti domainesia misalnya yang menyediakan domain .com dengan harga 99.000 an. Tentunya dalam memilih provider dengan harga domain termurah ini kita tidak hanya melihat dari harga register domain itu saja namun kita juga harus mepertimbangkan juga harga renewal dari domain yang dimaksud. 
  • Panjang pendeknya nama domain, sebaiknya pilihlah nama domain yang tidak terlalu panjang, karena tentunya nama domain yang terlu panjang akan lebih sulit diingat dan sering berpotensi salah dalam penulisannya.
  • Readibilitas dari domain, pilihlah domain yang readable dan mudah diingat. Memilih menggunakan domain yang mudah diingat misalnya saja nganu.net tentunya lebih baik jika dibandingkan menggunakan domain seperti xdcdtry.com. Ada baiknya juga dalam pembelian nama domain ini kita menghindari penggunaan tanda hypen (-), karena tentunya akan cukup merepotkan dan orang orang bisa salah saat mengakses web kita keliru dengan web orang lain yang tidak menggunakan tanda hypen.
  • History dari domain, jika kita membeli sebuah domain aged atau membeli domain expired yang dulunya kepunyaan orang lain maka ada baiknya kita memastikan seperti apa dulunya domain tersebut digunakan. Kita bisa melihat history dari domain ini lewat archive.org. Pilihlah sebuah domain yang bersih atau dengan kata lain tidak pernah dipakai untuk web web terlarang. Akan tetapi jika kita membeli fresh domain atau domain yang belum pernah dipakai sama sekali maka akan lebih mudah dan kita tidak perlu menegcek history dari domain tersebut.
Nah setelah kita mempertimbangkan hal hal di atas tersebut kita bisa membeli domain yang kita inginkan dan mulai membuat web ataupun sekedar blog yang kita inginkan. Untuk web yang kita buat ini kita bisa menggunakan berbagai CMS yang ada sesuai kebutuhan kita misalnya saja menggunakan wordpress jika ingin membuat blog, vBulletin jika ingin membuat forum, prestashosp atau magento untuk toko online dan lain sebagainya. Dan jika web tersebut sudah terinstall maka kita bisa mulai mengcustom dan melakukan pengeditan terhadap web kita tersebut. Sambil mengelola web tersebut kita pun juga bisa belajar php karena sebagian besar dari cms cms tersebut memang menggunakan php. Dan jika kita sudah mahir php maka tentunya akan lebih memudahkan kita dalam mengelola web tersebut nantinya.

Komentar