Langsung ke konten utama

Mengelola Manajemen SDM dengan Baik


Salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah perusahaan adalah SDM (sumber daya manusia). Sebuah perusahaan yang memiliki SDM yang kompeten dan sesuai kebutuhan tentunya akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Diantara keuntungan yang didapat oleh perusahaan akan adanya SDM yang kompeten ini antara lain adalah meningkatnya efektivitas dan efisiensi perusahaan sehinga perusahaan bisa lebih menghemat biaya.

Untuk mendapatkan SDM berkualitas seperti yang dimaksud tentunya setiap perusahaan perlu mengelola manajemen SDM nya dengan sebaik mungkin. Pengelolaan SDM yang baik ini bahkan harus dimulai sejak masih dalam tahap perencanaan, dimana di fase ini perusahaan perlu memetakan dengan baik SDM seperti apa yang mereka butuhkan dan juga berapa jumlah yang tepat agar bisa bekerja secaraoptimal. Selanjutnya setelah fase pernecanaan ini selesia maka manajemen perekrutan SDM juga harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin agar bisa mendapatkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan right man in the right place. Tentunya proses perekrutan ini bisa dilakukan dengan berbagai metode seleksi untuk mendapatkan orang yang benar benar cocok dari semua kandidat yang ada.

Setelah proses perekrutan selesai maka perusahaan sudah mendapatkan SDM yang mereka butuhkan. Akan tetapi bukan berarti pengelolaan SDM ini sudah selesai, masih ada beberapa fase lain yang perlu dilakukan. Misalnya saja memasuki fase pelatihan, pengembangan dan apresiasi dimana SDM hasil seleksi ini dilatih untuk bisa beradaptasi dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya. Dan bagi mereka yang berhasil atau berkembang maka perusahaan bisa membeikan reward atau apresiasi sehingga mampu memacu yang lainnya. Pemberian apresiasi ini bisa bermacam macam bentuknya bisa berupa barang maupun yang lainnya atau bahkan bisa juga berupa promosi kenaikan jabatan. Demikian pula bagi mereka yang dirasa kurang cocok di bagiannya perusahaan bisa melakukan mutasi atau pemindahan ke bagian yang cocok.

Tentunya untuk bisa melakukan hal hal yang terkait dengan manajemen SDM seperti di atas ada beberapa hal yang perlu dipelajari. Dan untuk mempelajarinya saat ini bisa dibilang tidak terlalu sulit karena kita bisa dengan mudah menemukannya di internet. Misalnya saja kita bisa menemukan berbagai macam artikel tentang manajemen baik itu manajemen SDM maupun manajemen lainnya di website rajapresentasi.com. 

Di rajapresentasi sendiri selain berisis tentang artikel manajemen jua berisi berbagai macam artikel serta presentasi berbagai hal lain misalnya saja Artikel Marketing, Pelatihan Motivasi, Personal Development. Sehingga jika kita akan membuat sebuah makalah bisnis kita bisa mendapatkan sumbernya dari web rajapresentasi ini.

Komentar